Arti Lambang Koperasi

05 October 2018

Arti Lambang Koperasi

Seperti yang telah diuatarakan dimuka, logo atau lambang adalah suatu identitas untuk mewakili sebuah lembaga. Dalam setiap lambang atau logo tersebut pasti memiliki makna dan arti untuk tujuan dan visi misi lembaga yang diwakilinya.

Tidak terkecuali untuk lambang koperasi Indonesia, arti lambang koperasi Indonesia memiliki arti yang mendalam untuk tujuan dan kemaslahatan koperasi demi kemajuan bersama. Filosofi Lambang koperasi Indonesia terwakili dalam setiap elemen yang menjadi bagian dalam logo tersebut.

Yaitu terwakli pada pohon beringin, padi, kapas, neraca, rantai, gear, bintang satu serta warna merah putih. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah arti lambang koperasi Indonesia:

Bintang Satu Dalam Perisai

Arti lambang bintang tersebut adalah bahwa Pancasila adlah sebagai ideologi koperasi. Dengan diwakili oleh bintang dalam perisai tersebut secara tidak langsung juga mewakili sila yang lain.

Pohon Beringin

Pohon beringin adalah pohon yang kuat dan kokoh serta berakar kuat. Hal ini untuk melambang kepribadian diri masyarakat Indonesia yang mau bergerak dan bergabung dengan koperasi. Diharapkan, masyarakat yang mau bergabung dan bergerak di bidang koperasi akan kuat ekonominya, tidak goyah dengan berbagai cobaan yang menghadangnya, dan siap untuk bersaing dengan luar negeri dalam bidang ekonomi.

Kapas dan Padi

Kapas dan padi adalah lambang atau simbol untuk sebuah kemakmuran. Dengan bergabung dengan koperasi diharapkan rakyat bisa menjadi lebih makmur dan sejahtera.

Rantai

Rantai adalah suatu pengikat yang sangat kokoh. Arti lambang koperasi rantai menunjukkan kokohnya persahabatan, artinya, masyarakat yang mau bergabung dengan koperasi akan saling terhubung sehingga terjalin sebuah ikatan kekeluargaan dan persahabatan yang kuat dan kokoh seperti rantai.

Roda Bergerigi

Roda bergerigi adalah melambangkan kerja keras yang dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Dengan begitu, masyarakat yang mau bergabung dengan koperasi adalah manusia-manusia yang selalu gigih dan bekerja keras.

Neraca

Neraca atau timbangan adalah suatu alat untuk menakar sesuatu dengan tepat. Dengan begitu, arti lambang koperasi timbangan adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat yang terdaftar dalam keanggotaan koperasi.

Tulisan Koperasi Indonesia

Tulisan tersebut adalah sebagai identitas koperasi Indonesia, sekaligus menunjukkan jatidirinya sebagai lembaga besar Indonesia.